Pages

Powered by Blogger.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun dilihat dari kejauhan
Air terjun dilihat dari kejauhan    
        Pesona wisata air terjun di Kecamatan Girimulyo tak hanya berhenti di Grojogan Sewu saja, namun masih banyak lagi air terjun yang tidak kalah ciamik. Ya....salah satunya air terjun Kembang Soka. Air terjun ini berada di Padukuhan Kembang, Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo tepatnya pada koordinat -7.76704, 110.11772.

Gerbang masuk
Gerbang masuk
     Untuk mencapai lokasi Air Terjun Kembangsoka ini, kendaraan dan tubuh yang prima menjadi syarat mutlak yang harus anda penuhi. Jalanan yang menanjak, turunan terjal dan berliku akan menjadi teman sepanjang perjalanan anda sampai ke lokasi parkir obyek wisata ini. Belum terlalu banyak penunjuk arah untuk menuju ke lokasi ini, bertanya kepada penduduk setempat atau menggunakan peta panduan yang ada bisa menjadi alternatif pemandu perjalanan. Ketika sudah sampai di jalan utama lokasi, ada sebuah gapura sederhana yang  menjadi penanda lokasi Air Terjun Kembang Soka.


Medan menuju lokasi
Medan menuju lokasi
     Dari lokasi parkir anda harus kembali melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak untuk melihat pesona air terjun ini. Namun anda tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijau dengan pepohonan rindang dan suasana yang masih asri. Anda juga akan menyeberangi sungai dengan jembatan bambu yang sudah disediakan oleh pengelola.

Wisatawan yang bermain air
Lokasi air terjun
     Cantik...itu kata yang pertama kali keluar ketika melihat air terjun Kembang Soka, terutama dari ketinggian. Anda akan disuguhi dengan air terjun bertingkat yang dipadu dengan hijaunya pepohonan sekitar dan tebing berbatuan warna magenta yang ada di lokasi ini.  Aliran air terjun yang cukup deras dan berwarna jernih rasanya sayang jika anda lewatkan. Anda bisa berendam, bermain air atau bahkan hanya sekedar berfoto saja. Selain air terjun bertingkat, keunikan air terjun ini adalah adanya tempuran antara dua air terjun yang cukup besar dari sisi barat daya dan barat laut .

Derasnya aliran air
Derasnya aliran air
     Air terjun Kembangsoka termasuk salah satu obyek wisata yang sudah dikelola oleh masyarakat setempat meskipun sampai saat ini masih terus dilakukan pembenahan. Hal tersebut terlihat dengan sudah adanya lahan parkir, tarif retribusi (Rp 3000/orang), kamar ganti, beberapa warung penjaja makanan dan minuman, serta jalan menuju dan dari air terjun yang sudah ditata sedemikian rupa. Bahkan di lokasi ini disediakan jasa persewaan sepatu boot dengan harga yang sangat terjangkau (Rp. 3000/pasang).  So, find the the beauty of hidden waterfall in here, visit it guys. 


Jembatan bambu
Jembatan bambu

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...