Pages

Powered by Blogger.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu


Gapura Masuk Kawasan Grojogan Sewu
Gapura Masuk Kawasan Grojogan Sewu
Jalan Tanah Menuju Grojogan Sewu
Jalan Tanah Menuju Grojogan Sewu
     Grojogan Sewu di Karanganyar, Jawa Tengah? Bukan...Grojogan Sewu yang satu ini berada di Pedukuhan Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo (kebetulan saja namanya sama). Grojogan (Air Terjun) Sewu ini menawarkan suasana yang ehm...segar. Jernih air Grojogan Sewu berpadu dengan alam sekitar yang asri rasanya sangat bisa membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan dengan sekedar duduk manis di kursi taman yang sudah disediakan atau dengan memuaskan diri bermain air di sepanjang aliran Grojogan Sewu. Air terjun di lokasi ini bertingkat dan di bagian bawah air terjun utama terdapat lubuk  (Kedung) dengan kedalaman sekitar 5m. Air yang mengalir di Grojogan ini berasal dari Goa Sumitro yang berada tak jauh dari lokasi Grojogan.

Derasnya aliran Grojogan Sewu
Derasnya aliran Grojogan Sewu
      Untuk sampai ke lokasi Grojogan Sewu, kendaraan dan tubuh yang prima rasanya menjadi syarat mutlak. Anda harus melewati tanjakan, turunan dengan kondisi jalan yang beragam mulai dari dari aspal halus, aspal yang mulai rusak, bebatuan hingga jalan tanah.Dari jalan utama hingga ke lokasi parkir anda akan dipandu dengan penunjuk arah yang sudah disiapkan oleh pengelola. Sesampainya di lokasi parkir anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalanan tanah yang dikelilingi hijaunya pepohonan dan beberapa taman yang sudah di tata sedemikian rupa untuk mempercantik panorama lokasi ini.


Panorama Grojogan Sewu
Panorama Grojogan Sewu
      Grojogan Sewu yang dikelola oleh Pokdarwis sekitar masih terus berbenah untuk membuat nyaman pengunjung seperti perbaikan jalan, penataan taman dan papan penunjuk arah. Meski demikian ada beberapa fasilitas pokok yang sudah tersedia di lokasi ini yaitu kamar mandi, tempat parkir, dan mushola. Selain itu, sudah ada beberapa warung-warung kecil yang bisa menjadi tempat anda melepas lelah dan mengisi perut dengan harga yang terjangkau. Di warung-warung ini pula anda bisa mencicipi menu khas Desa Jatimulyo yaitu Dawet Sambel. Sampai saat ini, belum ada retribusi yang diberlakukan dan hanya disediakan kotak dana sukarela untuk mendukung pengembangan obyek wisata Grojogan Sewu ini. Tarif parkir kendaraan pun sangat terjangkau yaitu Rp2000,- untuk sepeda motor dan Rp5000,- untuk kendaraan roda empat. Enjoy your trip guys, explore Kulon Progo J


Pemandangan Grojogan Sewu
Pemandangan Grojogan Sewu

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...