Pages

Powered by Blogger.

Candi Abang

Candi Abang

      Unik....itu kata yang keluar ketika berkunjung ke Candi Abang. Candi unik ini terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke 9 dan abad ke 10. Kenapa terbilang unik? Di sini anda tidak akan menemui tatanan batu khas candi seperti candi-candi lain yang selama ini anda kenal. Sesampainya di lokasi anda hanya akan disambut oleh sebuah bukit hijau (lebih dikenal dengan bukit Teletubbies) dan bukit itulah candinya. Abang (kosa kata bahasa jawa berarti merah) sendiri digunakan karena candi ini terbentuk dari susunan batu bata yang terbuat dari tanah merah. Candi ini berwarna hijau karena tertutup oleh rerumputan yang tumbuh subur pada musim penghujan, sehingga kalau anda berkunjung ke Candi Abang pada musim kemarau tentu saja candi ini akan terlihat berwarna kemerahan karena rumput yang ada mulai gersang.


Menuruni Candi Abang dengan berjalan kaki
Menuruni Candi Abang dengan berjalan kaki
         Untuk menuju ke candi ini, anda akan melewati jalan yang sudah beraspal dan cukup menanjak. Setelah itu, anda harus menyusuri jalanan berbatu dan tanah untuk bisa mencapai lokasi candi. Berhati-hatilah jika anda berkunjung pada musim hujan, karena jalanan akan licin dan becek. Untuk menyusuri jalan berbatu dan tanah ini, sebaiknya anda lakukan dengan berjalan kaki saja karena medannya yang cukup sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Kendaraan anda bisa dititipkan di lokasi parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sementara itu, untuk para pecinta gowes, anda tetap bisa membawa sepeda anda hingga ke puncak Candi Abang. 


Pemandangan Candi Abang
Pemandangan Candi Abang
          Pemandangan yang bisa anda nikmati dari puncak Candi Abang ini pun tidak bisa anda anggap remeh. Perpaduan panorama hijaunya persawahan, perbukitan dan lahan terbangun yang dipadu dengan cerahnya langit menjadi pemandangan yang bisa memanjakan mata anda. So..let’s go there guys and enjoy Jogja.

Para pecinta gowes yang berhasil mencapai puncak Candi Abang
Para pecinta gowes yang berhasil mencapai puncak Candi Abang

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...