Pages

Powered by Blogger.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari tempat ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah, mulai dari puncak Gunung Sindoro -Sumbing, Gunung Merapi - Merbabu, Candi Borobudur, Candi Prambanan, meski dari kejauhan, namun cukup menjelaskan situasi bentang alam dimana kita sedang berada. Hal tersebut dikarenakan puncak ini merupakan puncak tertinggi di antara puncak lain di perbukitan menoreh, sehingga cakrawala yang terbentuk mampu menyajikkan pemandangan secara kompleks.

Jika kita membaca sejarahnya, Puncak Suroloyo menyimpan cerita yang sangat berhubungan dengan Kerajaan Mataram. Puncak tersebut pada jaman Mataram pernah digunakan sebagai tempat ritual bertapa oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma ketika mendapatkan petunjuk (wangsit) setelah pingsannya di Pegunungan Menoreh. Kini, tempat pertapaan tersebut digunakan sebagai gardu pandang untuk menikmati panorama "daerah bawah".

Banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk memuaskan hobi fotografi, dan beberapa dari mereka datang pagi buta untuk mendapatkan momen sunrise. Momen sunset juga tak kalah bagus, sejauh cuaca sedang cerah. Karena yang saya tahu, daerah dataran tinggi biasanya akan berubah mendung ketika siang tiba. Bagi anda yang minat, silahkan kunjungi tempat ini bersama teman atau keluarga kalian. Tidak ada jalur angkutan umum menuju tempat ini, jadi silahkan gunakan kendaraan pribadi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...