Pages

Powered by Blogger.

Goa Maria Sendangsono

Goa Maria Sendangsono

     Satu lagi alternatif wisata rohani Kristiani yang bisa anda jadikan tempat tujuan wisata ketika berkunjung ke Jogjakarta. Tempat ini bernama Goa Maria Sendangsono yang beralamatkan di Dusun Semagung, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Tempat ini dibangun mulai tahun 1927 dan diresmikan pada tahun 1929.

     Nama Sendangsono sendiri berasal dari kata Sendang dan Sono. Sendang dalam bahasa Jawa berarti sumber air dan Sono berasal dari nama sebuah pohon (Angsana), sehingga Sendangsono dapat diartikan sebagai sebuah sumber air yang berada di bawah pohon Sono. Sumber air di lokasi ini bisa dikatakan tidak pernah mengering meski pada musim kemarau sekalipun.



     Selain dikenal sebagai wisata rohani bagi umat Kristiani, Sendangsono juga dikenal dengan kekhasan gaya arsitekturnya yang luar biasa. Salah seorang arsitektur handal yang terlibat dalam proses pembangunan Sendangsono adalah Rama YB Mangunwijaya, Pr. Gaya arsitektur Sendangsono secara garis besar bermodel Jawa dengan adanya komponen jalan masuk, pelataran dan daerah sakral dengan fungsinya masing-masing. Gaya bangunan di Sendangsono didaulat mendapat penghargaan dari Ikatan Arsitektur Indonesia atas kemampuan sang Rama dalam melakukan pembangunan yang ramah lingkungan.
     Untuk mencapai lokasi ini, anda akan melewati jalan beraspal yang berliku serta beberapa tanjakan dan turunan karena lokasinya berada di Pegunungan Menoreh. Selama perjalanan sembari anda dapat menikmati hijaunya pemandangan di sekeliling anda.
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...