Pages

Powered by Blogger.

Pemandian Parangwedang

Pemandian Parangwedang

      Puas merasakan dinginnya bermain air di Pantai Parangtritis maupun Pantai Parangkusumo, anda dapat menghangatkan tubuh dengan berendam di pemandian air alami Parangwedang. Nama parangwedang sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu Parang (karang) dan Wedang (air panas/hangat). Pemandian air panas Parangwedang ini terletak tak jauh dari lokasi obyek wisata Pantai Parangtritis maupun Pantai Parangkusumo atau berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi pemandian air panas Parangwedang ini berlokasi di tepi jalan utama menuju ke Pantai Parangtritis maupun Pantai Parangkusumo, sehingga anda tak perlu menemui kendala berarti untuk menemukan obyek wisata yang satu ini. Untuk lebih detailnya juga dapat anda lihat pada peta.

     Berdasar sejarahnya, adanya pemandian Parangwedang ini tak lepas dari cerita leluhur tentang kesaktian Sri Sultan Hamengku Buwono VI dalam perjalanannya menuju pesanggrahan Balekencur. Kala itu Sang Sultan bermaksud untuk mandi namun semua airnya dingin, sehingga beliau meneruskan perjalanan hingga sampai di sebuah desa yang bernama Desa Mancingan. Di desa inilah Sri Sultan Hamengkubuwono ke VI menemukan sebuah lubang yang mampu menyemburkan air panas dan hingga saat ini menjadi sumber air utama dari pemandian Parangwedang ini. 

   Secara keilmuan, air hangat/panas yang keluar di pemandian ini terbentuk dengan adanya pertemuan dua lempeng di lokasi ini. Air panas yang ada di pemandian ini banyak mengandung Na, Cl, Mg, dan berbagai mineral lainnya. Berendam atau mandi di Pemandian Parangwedang ibi juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti stroke, reumatik, pegal/capek dan berbagai penyakit kulit lainnya.

     Anda dapat menikmati hangatnya air di pemandian ini dengan masuk ke ruang-ruang menyerupai kamar mandi yang sudah tersedia. Andapun juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memanjakan diri anda dengan air hangat di lokasi ini, cukup membayar @ Rp. 3000, - saja. Lahan parkir dan beberapa penjual makanan ringan juga tersedia di tempat ini. Kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus jurusan Kota Yogyakarta- Parangtritis juga bisa menjadi alternatif moda transportasi anda. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...