Pages

Powered by Blogger.

Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran

     Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran berada di Dusun Kaligondang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Lokasi ini menambah daftar wisata religi yang ada di Jogjakarta khususnya bagi umat Kristiani.  Gereja ini merupakan gereja tertua di wilayah Kabupaten Bantul. Apa yang menarik dari obyek wisata rohani yang satu ini? Tentu saja ada. Salah satu aspek yang menjadikan GHKY Ganjuran menarik adalah adanya akulturasi budaya dan agama terutama dari sisi bangunannya.

Koordinat Lokasi Gereja Ganjuran_siparjo.com
Koordinat Lokasi Gereja Ganjuran
         Gereja ini dibuat pada tahun 1924 oleh keluarga Schmutzer dengan dibantu oleh seorang arsitek Belanda J.Yh van Oyen. Pada tahun 1927 kawasan GHKY Ganjuran semakin dipercantik dengan dibangunnya Candi sebagai tempat berdoa bagi para peziarah disisi tenggara gereja. Di dekat candi, anda dapat merasakan segarnya air yang dipercaya suci. Air ini dilairkan melalui kran-kran air dengan ornamen khas bebatuannya. Biasanya para peziarah akan membasuh diri terlebih dahulu dengan air ini baru kemudian duduk di seputaran candi, menyalakan lilin dan menjalin interaksi secara pribadi dengan Tuhan.
       Arsitektur di gereja ini merupakan perpaduan antara budaya Eropa, Hindu dan Jawa. Gaya Eropa terlihat pada salibnya jika dilihat dari udara,sedangkan gaya Hindu ditunjukkan dengan keberadaan candi dan dalam beberapa relief yang ada dalam pemberhentian Jalan Salib. Namun demikian, GHKY Ganjuran ini tetap kental dengan nuansa “njawani”nya. Gaya Jawa ditunjukkan dengan bentuk atap, tiang penyangga, altar dan beberapa ornamen lain dalam ibadah Kristiani. Tiang penyangga yang ada berjumlah empat dan terbuat dari kayu jati. Jumlah tiang penyangga ini melambangkan adanya empat penulis injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.
      Di lokasi ini anda masih dapat merasakan suasana alami dengan masih banyaknya pohon-pohon cemara di seputaran GHKY Ganjuran. Selain itu, bagi anda yang lupa membawa perlengkapan ibadah atau sekedar ingin membeli buah tangan, dilokasi ini juga tersedia beberapa kios penjual cinderamata yang tertata rapi sebelum pintu masuk gereja. Mengenai lahan parkir, anda tak perlu khawatir karena sudah ada lokasi yang khusus disediakan untuk tempat parkir kendaraan anda.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...