Pages

Powered by Blogger.

Telaga Jonge

Telaga Jonge

Telaga Jonge terletak di Desa Pancareja, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi telaga tidak jauh dari keberadaan Goa Jomblang atau Goa Kalisuci, hanya berjarak beberapa km di sebelah barat goa.

Koordinat Lokasi Telaga Jonge_siparjo.com
Koordinat Lokasi Telaga Jonge
Banyak orang yang telah mengenal telaga ini. Legenda menceritakan bahwa telaga ini dahulu merupakan kediaman Kyai Jonge yang sempat terdampar di laut selatan ketika beliau dalam kejaran prajurit Demak. Akhirnya Kyai Jonge melakukan perjalanan hingga sampai ke Desa Pancarejo, untuk kemudian tinggal menetap hingga akhir hayatnya. Hingga kini, masyarakat sekitar masih menganggap sakral tempat tersebut. Sehigga setiap orang yang mengunjungi telaga tidak bisa berbuat sembarangan seperti mengeluarkan kata kotor, mengotori tempat, atau melakukan hal negatif lain. Warga juga sering menggelar ritual tertentu sebagai wujud kegiatan spiritual mereka.

Dilihat dari sudut pandang geologi, Telaga Jonge tergolong sebagai sebuah cekungan atau biasa disebut dengan dollin, yang memiliki input aliran bervariasi, seperti air hujan atau air permukaan lain. Yang menarik dari Telaga Jonge, volume telaga senantiasa terjaga, tidak pernah surut meski musim kemarau. Hal ini berbeda dengan dollin - dollin lain di kawasan karst, yang seringkali mengering kala musim kemarau. Oleh karena itu masyarakat sangat senang dengan keberadaan Telaga Jonge karena dapat memenuhi kebutuhan air mereka. Tak hanya itu, panorama sekeliling telaga juga sangat indah, cocok digunakan untuk menyegarkan mata. Bagi yang ingin mengunjungi, silahkan datang kapan pun, karena buka setiap hari dan anda tidak akan dikenai retribusi apapun...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...