Pages

Powered by Blogger.

Taman Sari

Taman Sari

     Taman Sari terletak di Jalan Taman, Keraton Yogyakarta di koordinat -7.810018, 110.358892  dan masih berada di dalam kompleks Keraton Yogyakarta. Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 Masehi dan membutuhkan waktu sekitar 4 tahun dalam proses pembangunannya. Taman Sari dibangun bertujuan untuk dijadikan tempat rekreasi sekaligus benteng pertahanan. Arsitektur bangunan ini dipengaruhi oleh beberapa unsur kebudayaan seperti Jawa Asli, Hindu, Budha, Islam, Eropa serta China. Beragam unsur budaya tersebut dirangkai dalam teknik bangunan yang sederhana tanpa sistem beton bertulang. Struktur bangunan ini aya terbuat dari bata dan semen, bahkan menurut penelitian beberapa ahli campuran adukan perekatnya berasal dari air legen dan putih telur.

Koordinat Lokasi Taman Sari_siparjo
Koordinat Lokasi Taman Sari
     Taman Sari disebut juga Water Castle (Istana Air) dengan adanya laut buatan (Segaran). Selain itu dahulu di tempat ini juga ada pulau buatan yang dipenuhi tumbuhan bunga kenanga yang harum sehingga pulau ini disebut Pulau Kenanga. Di atas Pulau Kenanga terdapat bangunan dua lantai disebut Majethi atau Cemethi yang dulunya biasa digunakan Sri Sultan Hamengkubuwono I untuk semedi. Di Taman Sari juga terdapat beberapa bangunan lain, diantaranya :
  • Umbul Sari yang terletak di sebelah selatan dan dipergunakan khusus untuk Sultan dan Permaisurinya.
  • Umbul Binangun yang terletak di tengah dan berukuran besar untuk permaisuri dan selir-selir Sultan.
  • Umbul Muncar terletak di sebelah utara dan dipergunakan untuk putra dan putri Sultan dan Sentana Sultan.
     Gapura-gapura megah, Taman Ledoksari (tempat tidur Raja), Sumur Gumuling/Masjid Bawah Tanah juga turut melengkapi pesona kemegahan Taman Sari. Sumur Gumuling adalah bangunan melingkar dengan sumur di bagian tengahnya dan untuk mencapainya kita perlu melewati terowongan bawah tanah yang menghubungkan dengan tempat ibadah tersebut. Ketika anda ingin menikmati keindahan dan kemegahan bangunan sejarah dan budaya di Jogja, rasanya Tamansari mampu menjadi destinasi wisata anda. So, enjoy your vacation guys.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...