Pages

Powered by Blogger.

Museum Perjuangan TNI AU

Monumen Perjuangan TNI AU

     Monumen Perjuangan TNI AU sering juga disebut Monumen Ngoto berlokasi di Dusun Ngoto, Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Monumen ini dibangun oleh AURI pada 1 Maret 1948 dengan tujuan untuk mengenang peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA. Pesawat ini jatuh pada tanggal 29 juli 1947 akibat serangan dua pesawat pemburu Kitty Hawk Belanda. Pesawat milik perusahaan penerbangan India ini disewa sebagai pesawat angkut sumbangan obat-obatan untuk Palang Merah Indonesia. Naas pesawat tersebut justru ditembak pada saat akan mendarat di pangkalan udara Maguwo kala itu. 

Koordinat Lokasi Museum Perjuangan TNI AU_siparjo.com
Koordinat Lokasi Museum Perjuangan TNI AU
      Dalam peristiwa tersebut ada tiga tokoh perintis TNI AU gugur yaitu Marsda TNI (Anumerta) Agustinus Adisutjipto, Marsda TNI (Anumerta) Prof.Dr.Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara I (Anumerta) Adisumarmo Wiryokusumo.Monumen ini pernah mengalami dua kali pemugaran pada tahun 1981 dan tahun 2000. Peristiwa jatuhnya pesawat pada 29 Juli 1947 ini menjadi cikal bakal adanya Hari Bhakti TNI AU setiap tanggal 29 Juli di setiap tahunnya.
     Lokasi monumen ini masih berada di antara areal persawahan dan tak jauh dari akses Jalan Utama Ring Road Selatan Yogyakarta. Lingkungan sekitar yang masih berupa areal persawahan dan tepi sungai menjadikan obyek ini bisa menjadi alternatif wisata anda sekaligus menikmati suasana pedesaan yang masih sangat terasa di sini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...