Pages

Powered by Blogger.

Museum Affandi

Museum Affandi

     Jogjakarta tersohor akan kreatifitas, seni, pendidikan dan budayanya sehingga tak heran jika muncul museum seni dari seorang seniman lukis luar biasa seperti Affandi. Affandi adalah seorang pelukis kenamaan  yang lahir di Cirebon pada tahun 1907.  Banyaknya karya seni khususnya lukisan yang dihasilkan Affandi akhirnya diseimpan dalam galeri yang kemudian dikenal dengan nama Museum Affandi. Museum Affandi terbagi dalam beberapa area utama yaitu area museum, area pelengkap dan  bangunan rumah tinggal.

Koordinat Lokasi Museum Affandi_siparjo.com
Koordinat Lokasi Museum Affandi
Untuk area museum,Museum Affandi terdiri dari 3 galeri, yaitu :
1.Galeri I
       Galeri ini merupakan awal mula pembangunan Museum Affandi. Galeri I selesai dibangun pada tahun 1962 dan diresmikan oleh Prof. Ida Bagus Mantra selaku Dirjeen Kebudayaan pada tahun 1974. Di Galeri ini anda dapat melihat beragam lukisan karya Affandi baik sketsa di kertas, cat air, cat minyak di canvas dan bahkan pastel. Selain lukisan di galeri I ini anda juga dapat melihat patung diri dan reproduksi,, mobil yang dimodifikasi, sepeda, dan repproduksi di atas canvas dan  kertas. 
2.Galeri II
      Galeri II ini dibangun pada tahun 1987 dengan adanya bantuan untuk pendirian gedung galeri dari Presiden Soeharto. Bangunan ini kemudian pada tahun 1988 diresmikan oleh Prof. Dr. Fuad Hassan selaku menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Juni 1988.
3.Galeri III
     Galeri III dibangun pada tahun 1997, namun baru diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2000. Galeri III dibangun dengan 3 lantai dengan fungsinya masing-masing. Ruang bawah tanah digunakan untuk penyimpanan lukisan, lantai 1 biasa digunakan untuk ruang pameran dan lantai 2 digunakan untuk perawatan/perbaikan lukisan. 
     Affandi wafat pada 23 Mei 1990 dan dimakamkan di antara Galeri I dan Galeri II berdampingan dengan makam sang istri dan dikelilingi lukisan hasil karyanya dan rimbun bunga mawar serta tanaman lainnya. Hal tersebut menunjukkan betapa totalitasnya kecintaan seorang Affandi terhadap dunia seni khususnya seni lukis. Meskipun museum ini bernama Museum Affand, namun di museum ini anda juga dapat menjumpai hasil lukisan seniman lain. Lokasi Museum Affandi yang berada di pusat keramaian menjadikan anda tak perlu khawatir tentang akses ke lokasi.  So… complete your vacation to visit this place. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...