Pages

Powered by Blogger.

Makam Giriloyo

Makam Giriloyo

     Dari namanya memang tak setenar Makam Raja-Raja Imogiri, namun nilai sejarah yang terkandung di dalamnya sangat terkait erat dengan Makam Raja-Raja Imogiri. Makam Giriloyo terletak di Dusun Cengkehan, Desa wukirsari, Imogiri, Bantul. Sejarah keberadaan makam ini tentu tidak dapat terlepaskan dari sosok Sang Sultan Agung.

Koordinat Lokasi Makam Giriloyo_siparjo.com
Koordinat Lokasi Makam Giriloyo
      Sekitar abad 15 Sultan Agung mulai membangun makam ini, oleh karena itulah makam ini merupakan makam tertua yang dibangun oleh Sultan Agung.  Pada awalnya Sultan Agung berkeingan untuk dimakamkan di Makkah jika beliau wafat nanti. Namun keinginan tersebut tidak dapat terlaksana, hingga akhirnya Sang Sultan melempar sebongkah batu dari Makkah dan batu tersebut jatuh di lokasi makam Giriloyo ini. Namun kala itu, lokasi ini sudah di minta oleh paman Sang Sultan untuk menjadi lokasi pemakamannya, sehingga Sultan Agung akhirnya memilih Gunung Pajimatan untuk menjadi lokasi pemakamannya. Lokasi di Gunung Pajimatan inilah yang sampai saat ini dikenal sebagai Makam raja-Raja Imogiri.

       Di kompleks Makam Girioloyo ini, anda dapat melihat cukup banyak makam diantaranya makam paman Sultan Agung (Panembahan Juminah). Beberapa makam lain diantaranya Kanjeng ratu Mas hadi ( Ibu Sultan Agung), Kanjeng pangerann Haryo Sukowati (putra Kasultanan Agung),   dan Panembahan Giriloyo ( Kanjeng Sultan Cirebon). Makam ini terbagi dalam beberapa halaman/bagian utama yaitu halaman satu dengan 33 makam, halaman dua dengan enam makam, halaman ketiga (makam Kanjeng ratu pembayun Isteri Amngkurat),  sayap timur dan sayap barat. 

     Lokasi makam ini juga berada di perbukitan, sehingga untuk mencapai puncaknya anda harus memilik fisik yang cukup kuat untuk mendaki sejumlah anak tangga yang cukup panjang. Juru Kuncen di Makam ini akan selalu siap mendampingi anda untuk bercerita tentang bagaimana dan apa saja bagian dari Makam Giriloyo ini. Bagi anda yang memiliki minat khusus terhadap wisata sejarah, rasanya tempat ini bisa anda masukkan dalam destinasi wisata anda. 


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...