Pages

Powered by Blogger.

Hutan Wanagama

Hutan Wanagama

Hutan Wanagama atau yang sering disebut dengan istilah Hutan Bunder, terletak di Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Wanagama dibangun pada tahun 1964 oleh Prof. Oemi Hani'in Suseno dari Fakultas Kehutanan UGM.

Koordinat Lokasi Hutan Wanagama_siparjo.com
Koordinat Lokasi Hutan Wanagama
Hutan wanagama dibangun sebagai sarana konservasi lahan yang dulunya sempat gersang dan mengalami degradasi akibat aktivitas penebangan liar. Di dalam hutan anda dapat menemui berbagai jenis tanaman dari berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya itu, kawanan rusa pun ikut dilindungi, sehingga jangan heran bila anda bertemu rusa yang bebas berkeliaran. Ada satu pohon yang unik di Hutan Wanagama ini, yakni pohon jati yang ditanam oleh Pangeran Charles. Oleh warga, kini tanaman jati tersebut di kenal dengan sebutan "Jati Londo", yang apabila ditransliterasi artinya "Jati Belanda". Hal tersebut memang sedikit aneh, karena Pangeran Charles notabene berasal dari Inggris.

Di dalam hutan para wisatawan dapat juga mengunjungi kali Oya, dengan aliran airnya yang jernih. Beberapa warga yang tinggal disekitar hutan juga memanfaatkan lahan yang ada sebagai lokasi untuk menggembalakan ternak seperti sapi dan kambing. Bahkan ada pula yang mencoba menggembala lebah untuk diambil madunya. Jika anda penasaran dengan keragaman dalam Hutan Wanagama, segera kunjungi saja..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...