Pages

Powered by Blogger.

Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis

     Goa Maria Tritis terletak di Jl. Saptosari tepatnya di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan Gunungkidul atau sekitar 50 km di sisi tenggara Kota Yogyakarta. Goa ini berbeda dengan beberapa obyek wisata gua lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Goa Tritis adalah gua yang biasanya digunakan sebagai tempat peziarahan iman bagi umat Katholik dengan pesona kesederhanaan dan kealamiannya. Stalagtit dan stalagmit indah juga dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke gua ini.

Koordinat Lokasi Goa Maria Tritis_siparjo.com
Koordinat Lokasi Goa Maria Tritis
     Nama Tritis sendiri berasal dari kosa kata Jawa “tumaritis” ( menetes ) yang mengartikan selalu adanya tetesan air dari stalagtit yang ada di dalam goa. Konon ada beberapa orang yang percaya bahwa air yang menetes ini adalah air yang terberkati oleh Sang Pencipta. Nama Goa Tritis kemudian ditambahi dengan nama Maria karena di dalam gua terdapat patung Bunda Maria yang berukuran besar sehingga kini Goa Tritis lebih banyak dikenal dengan nama Goa Maria Tritis.  Selain patung Bunda Maria, di dalam goa juga terdapat mimbar yang biasa digunakan sebagai altar untuk melaksanakan perayaan Ekaristi/ misa.

     Dulu gua ini dikenal angker oleh masyarakat setempat namun seiring dengan pengembangannya menjadi tempat ziarah, kini Goa Maria Tritis menjadi destinasi bagi banyak orang khususnya umat Katholik. Penemuan gua ini berwal pada tahun 1975 Romo Hardjosudarmo membina siswa SD Sanjaya. Seperti tradisi sebelumnya, setiap kali hendak merayakan Natal, Romo mengajak siswa untuk membuat gua dari kertas. Ada seorang siswa yang berkata kepada Romo bahwa ditempatnya ada gua yang sesungguhnya, sehingga tidak perlu membuat gua dari kertas. Romo Hardjosudarmo kemudian melihat ke lokasi tersebut dan meminta izin kepada pemerintah desa setempat untuk menjadikan goa tersebut sebagi tempat untuk berdoa. Permintaan tersebut akhirnya disetujui dan menjadi awal mula gua ini menjadi tempat peziarahan bagi umat Katholik.

     Di area Goa Maria Tritis terdapat rute Jalan Salib sepanjang kurang lebih 1.5 km untuk rute panjang dengan 14 titik pemberhentian. Jalan menuju ke lokasi ini masih berupa jalan tanah dan berbatu, sehingga untuk mencapai ke lokasi Goa anda perlu berjalan kaki sembari menikmati pemandangan kanan alami di sisi kanan kiri jalan. Area parkir, kamar mandi, dan toko-toko souvenir sudah tersedia di areal Goa Maria Tritis ini. Anda tak perlu merogoh kocek khusus untuk retribusi menuju ke lokasi ini, kecuali untuk parkir dan dana sukarela untuk pengembangan daerah ini. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...