Pages

Powered by Blogger.

Goa Langse

Goa Langse
Goa Langse terletak di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis, letak Goa Langse sangat berdekatan dengan obyek wisata Pantai Parangtritis. Dari pantai tersebut hanya anda membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih sejauh 3km ke arah bukit timur Pantai Parangtritis. Untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan menaiki batuan yang terjal di tepi Pantai, sehingga tak sedikit korban yang jatuh karena kurangnya kewaspadaan.
Koordinat Lokasi Goa Langse_siparjo.com
Koordinat Lokasi Goa Langse
Goa Langse lebih dikenal oleh masyarakat sebagai tempat untuk menjalankan ritual kepercayaan tertentu. Beberapa orang yang datang kesini biasanya memiliki maksud dan tujuan, kemudian beberapa diantara mereka melaksanakan semedi atau bertapa sambil memanjatkan doa - doa. Goa ini sangat ramai dipadati pengunjung pada hari besar Jawa, atau ketika diselenggarakannya acara kenegaraan seperti pemilihan kepala daerah. Mereka berkunjung didampingi orang tua ( orang yang dianggap memiliki kemampuan lebih ) berbekal sesaji seperti kembang dupa, atau wujud lain seperti makanan.

Pada dasarnya Goa Langse ini sama seperti goa lain di Gunungkidul, yang terbentuk akibat aktivitas pelarutan di daerah karst (kapur). Sebagai bukti, sampai sekarang masih terdapat stalaktit dan stalagmit di perut goa akibat adanya proses aliran air secara vertikal yang mengandung larutan karbonat. Jika anda ingin mengembangkan minat dibidang speleologi, goa langse dapat dijadikan alternatif kunjungan di hari senggang anda. Selamat berpetualang..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...