Pages

Powered by Blogger.

Goa Kalisuci

Goa Kalisuci

Goa Kalisuci terletak tak jauh Dari Goa Bribin, yang mana keduanya masih merupakan kesatuan daerah administrasi, yakni Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa ini sangat cocok bagi anda yang memiliki minat khusus di bidang cave tubing, karena arus sungai bawah tanahnya yang lumayan deras. 

Koordinat Lokasi Goa Kalisuci_siparjo.com
Koordinat Lokasi Goa Kalisuci
Sama seperti sungai bawah tanah lainnya, Goa Kalisuci terbentuk oleh pengikisan dan pelarutan air permukaan secara horisontal. Batuan kapur yang didominasi oleh gamping dan dolomit bersifat mudah larut, sehingga air tersebut mampu menembus bukit karst dan menciptakan sebuah lorong sungai bawah tanah. Walau air sungainya bersifat jernih, namun jangan spontan berfikir air tersebut seperti air pegunungan yang dapat langsung diminum. Rekahan pada daerah kapur memiliki porositas tinggi, sehingga air yang jatuh dipermukaan tanah dapat diloloskan dengan mudah menuju zona air tanah. Jadi, proses filter / penyaringan air oleh batuan dalam tanah di beberapa lokasi mungkin tidak sebaik di daerah gunung. 

Bagi anda yang berminat untuk cave tubing dapat menghubungi panitia atau mengunjungi websitenya. Karena panitia akan menentukan kapan waktu terbaik yang aman digunakan untuk aktivitas cave tubing. Pada musim penghujan meski cuaca setempat cerah, dapat terjadi kenaikan muka air tanah dan arus menjadi lebih deras akibat hujan yang terjadi di daerah hulu. Tetap utamakan safety..

1 comment:

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...