Pages

Powered by Blogger.

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak tidak jauh dari Goa Kalisuci. Jika dilihat pada peta, maka posisi kedua goa tersebut terletak dalam satu garis lurus, tepat arah selatan goa Kalisuci. Namun karena faktor medan sehingga tidak memungkinkan untuk dibuat shortcut yang menghubungkan kedua tempat sekaligus. Goa Jomblang berada di kawasan Dataran Tinggi Wonosari, tepatnya di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai tempat ini anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Koordinat Lokasi Goa Jomblang_siparjo.com
Koordinat Lokasi Goa Jomblang
Goa Jomblang menurut genesisnya terbentuk akibat runtuhnya lapisan tanah di permukaan yang berupa epikarst dengan rekahan - rekahan di dalamnya,  kemudian berkembang menjadi dollin. Intensitas hujan di wilayah tropis yang begitu tinggi membuat air hujan yang jatuh berusaha mengikuti gaya gravitasi dengan memasuki celah rekahan yang ada. Sifat batuan karst berupa gamping dan dolomit sangat mudah larut oleh air. Sejak saat itu terjadilah pelarutan oleh air (proses solusional) hingga terbentuk sebuah rongga / ruang di perut bumi. Karena beban vegetasi pada daerah permukaan tidak dapat ditopang dengan baik, akhirnya terjadi cekungan dan amblas hingga membentuk goa vertikal sampai saat ini. Apabila proses pelarutan tersebut masih berjalan hingga saat ini, tidak menutup kemungkinan kedalaman luweng / goa vertikal terebut akan bertambah dalam hingga mencapai zona permukaan air tanah.

Di dalam goa, akan anda jumpai beberapa ornamen cantik yang diukir oleh proses pelarutan pada dinding goa. Oleh karena itu jika anda memang sejak awal berniat untuk memasuki luweng ini, pastikan kamera telah terbawa. Karena momen di dalam goa sangat eksotis, selain karena ornamen dinding goa yang cantik, ada pula siluet lukisan sinar matahari yang mencoba menerobos mulut gua sehingga akan sangat indah apabila diabadikan. Sinar matahari itu pula yang sampai saat ini mampu meregenerasi vegetasi dahulu kala sempat runtuh ke dalam gua, sehingga kini masih dapat tumbuh subur di dalam goa. Tak jauh dari hutan, anda akan menemui aliran sungai yang masih satu kesatuan sistem aliran dengan Goa Kalisuci. Sungguh merupakan Mahakarya dari Sang Pencipta bukan? Mari kita syukuri segala ciptaan-Nya dengan berusaha mengenali dan menjaga kekayaan ekosistem alami ini, agar kelak anak cucu kita masih dapat merasakan manfaatnya. Salam petualang..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...