Pages

Powered by Blogger.

Goa Gajah

Goa Gajah

Ragam wisata di Kabupaten Bantul semakin dilengkapi dengan hadirnya obyek wisata alam Goa Gajah. Goa Gajah terletak di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Goa ini disebut Goa Gajah karena adanya bongkahan batu besar yang menyerupai bentuk gajah.

Koordinat Lokasi Goa Gajah_siparjo.com
Koordinat Lokasi Goa Gajah
Goa Gajah termasuk dalam kategori goa karst dan merupakan bagian dari karst Gunung Sewu. Goa ini merupakan goa horisontal dengan kedalaman yang sampai saat ini belum diketahui secara pasti.  Sejauh ini, penyusuran goa dilakukan paling jauh baru mencapai kedalaman 200 meter saja. Bagian mulut goa terlihat cukup lebar, namun jangan membayangkan seterusnya dibagian dalam goa akan selebar itu juga. Begitu anda memeasuki goa anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan keragaman stalagtit dan stalagmit yang menjadi ciri khas Goa karst.
Dalam Goa Gajah ini banyak lorong-lorong yang harus anda telusuri. Setiap ruangan dalam goa dipisahkan oleh lorong yang cukup rendah sehingga anda harus berjalan jongkok untuk bisa mencapai jarak selanjutnya bahkan ada yang hanya memiliki tinggi 0,5 – 1 meter.  Aroma pengap dan gelap yang juga menjadi ciri khas goa tentu dapat anda rasakan disini sehingga sangat disarankan untuk membawa senter. Ketika menyusuri goa ini, akan ada puluhan kelelawar berterbangan bebas yang seolah memberikan ucapan selamat datang kepada anda.
Goa ini bisa dibilang masih sangat alami, karena keperawanannya yang belum tersentuh pengelolaan manusia. Sampai saat ini belum ada biaya retribusi yang perlu anda bayar untuk menikmati obyek wisata yang satu ini. Jadi tak ada salahnya, bagi anda untuk memasukkan lokasi ini sebagai lokasi kunjungan anda selama berada di Yogyakarta.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...