Pages

Powered by Blogger.

Candi Sari

Candi Sari

       Candi Sari terletak di Desa Bendan, Tirtamartani, Kalasan Kabupaten Sleman. Karena lokasinya inilah, Candi Sari sering disebut juga dengan Candi Bendan. Candi ini termasuk Candi Budha yang dicirikan dengan stupa puncaknya. Candi Sari diperkirakan dibangun pada abad ke 8 bersamaan dengan Candi Kalasan, sehingga kedua Candi ini memiliki banyak persamaan baik dari segi arsitektur maupun reliefnya. Pada masa itu, Candi Sari dipergunakan sebagai asrama atau tempat tinggal bagi para pendeta Budha.
Candi Sari dikelilingi taman hijau
Pemandangan Candi Sari dari sisi depan
     Candi Sari ditemukan kembali pada awal abad ke 20 dalam kondisi rusak berat sehingga dilakukan pemugaran sekitar tahun 1929 – 1930 meskipun pemugaran ini belum bisa mengembalikan Candi Sari secara sempurna. Banyak ornamen-ornamen candi yang sudah hilang seperti gerbang candi dan pagar batu yang dulunya melengkapi kegagahan candi ini. Candi Sari berbentuk persegi panjang berukuran 17,30 x 10 meter dengan tinggi 17 – 18 meter yang terdiri dari dua bahkan tiga lantai. Pada zaman dahulu, lantai atas digunakan untuk menyimpan beraneka ragam perlengkapan keagamaan sedangkan dilantai bawah untuk kegiatan keagamaan. Di dalam bangunan Candi Sari terdapat tiga ruang berjajar dan bertingkat yang masing-masing berukuran 3,48 x 5,80 meter dan masing-masing ruang dihubungkan oleh pintu dan jendela.
Puncak Candi Sari
    Bagian dinding luar candi dihiasi dengan pahatan arca dan beberapa hiasan lain yang menjadikan candi ini lebih indah.  Di masing-masing ambang pintu dan jendela diapit oleh sepasang arca lelaki dan perempuan yang berdiri memegang teratai. Sepasang arca ini melambangkan sikap lemah gemulai. Secara keseluruhan arca yang ada di Candi Sari ini berjumlah 36 buah yang tersebar di keempat sisi candi. Pada bagian dinding yang lain juga dihiasi dengan beragam pahatan seperti Kinara Kinari ( manusia burung), suluran, kumara dan kumuda. Di bagian atas masing-masing jendela dan relung dihiasi dengan Kalamakara tanpa rahang.

Koordinat Lokasi Candi Sari_siparjo.com
Koordinat Lokasi Candi Sari
    Untuk bersiwata ke obyek ini anda tidak dipungut biaya retribusi kecuali pada hari Sabtu dan Minggu. Tarif retribusi untuk hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp.2000,- untuk dewasa dan Rp.1000,- untuk anak-anak. Jam operasional Candi Sari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 17.30 WIB setiap harinya. Candi Sari memang tak setenar Candi Prambanan atau beberapa candi lain yang ada di Yogyakarta, tetapi Candi ini bisa menjadi alternatif berwisata, khususnya bagi anda pecinta wisata sejarah dan budaya.

   

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...