Pages

Powered by Blogger.

Candi Sambisari

Candi Sambisari

      Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari,Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman atau sekitar 10 km di sebelah timur laut Kota Yogyakarta. Lokasi ini tak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Candi Sambisari termasuk candi Hindu yang dibangun sekitar abad ke 10 pada masa Dinasti Syailendra.

      Candi Sambisari ditemukan secara tak sengaja oleh seorang petani pada tahun 1966.  Keunikan dimiliki oleh candi ini. Jika biasanya dari kejauhan anda sudah bisa melihat berdiri gagah sebuah Candi, hal tersebut tidak berlaku untuk candi ini. Candi Sambisari berada sekitar 6,5 meter di bawah tanah sehingga seolah candi ini berada dalam cekungan. Candi ini berbentuk bujur sangkar dengan luas 13,65 meter persegi dan tinggi 7,5 meter.


     Candi ini terdiri dari satu candi utama dan tiga candi yang berjajar di sebelah barat candi utama. Eksotisme candi Sambisari semakin bertambah dengan adanya dua lapisan dinding batu putih yang masih berdiri kokoh mengelilingi candi.Di candi utama anda akan melihat patung makara serta lingga yoni yang merupakan tempat beribadah untuk memuja Shiwa. Pada sisi luar dinding memiliki tiga relung di setiap sisinya, dimana setiap relung berisi patung-patung. Di relung sisi selatan anda dapat melihat patung Agastya, di sisi utara patung Dewi Surga dan di sisi timur ada patung Ganesha. Di  sekeliling candi induk dan candi perwara terdapat 8 lingga patok yang tersebar di seluruh penjuru mata angin.
  Sampai saat ini, anda tak perlu merogoh kocek mahal untuk masuk ke obyek wisata ini. Untuk hari Senin - Jumat tidak ada retribusi yang harus anda bayar, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu anda dikenai tarif retribusi Rp.2000, untuk dewasa dan Rp.1000,- untuk anak-anak. Lokasinya memang tak berada di tepi jalan utama persis seperti layaknya Candi Prambanan, begitupun ketenarannya. Tapi anda tak perlu khawatir karena ada penunjuk arah yang dapat anda temui untuk menuju ke lokasi ini. Jadi rasanya tak ada alasan bagi anda untuk tidak mengunjungi tempat ini ketika anda ke Jogjakarta. 
Suasana pelataran Candi Sambisari
Suasana pelataran Candi Sambisari
Batu candi yang terawat dengan baik
Pemandangan sekitar Candi Sambisari
Pemandangan sekitar Candi Sambisari

Koordinat Lokasi Candi Sambisari_siparjo.com
Koordinat Lokasi Candi Sambisari

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...