Pages

Powered by Blogger.

Candi Ijo

Candi Ijo

     Candi Ijo berada pada koordinat -7.53268, 110.821123 tepatnya di Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman sekitar 28 kilometer di arah timur Kota Yogyakarta. Candi ini dinamakan Candi Ijo sesuai dengan lokasinya yang oleh masyarakat setempat diberi nama Gumuk Ijo (Bukit Hijau) yang merupakan perbukitan kapur. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 10 sampai abad ke 11 Masehi.

Koordinat Lokasi Candi Ijo_siparjo.com
Koordinat Lokasi Candi Ijo
     Candi Ijo berbentuk kompleks percandian yang terdiri dari 17 struktur banguna dan terbagi dalam 11 teras yang terdiri dari candi induk, candi pengapit dan candi perwara. Bagian candi induk yang sudah selesai dipugar menghadap ke barat dan didepannya terdapat 3 candi berukuran lebih kecil. Ketiga candi ini diperkirakan dulu digunakan untuk memuja Brahma, Wisnu dan Syiwa.Teras kesebelas merupakan teras yang dianggap paling sakral dengan sebuah candi utama dan tiga candi perwara.  Di candi perwara tengah terdapat arca lembu (nandi) yang dipercaya sebagai kendaraan Dewa Siwa. Di  Tengah ruangan terdapat lingga yang disangga oleh makhluk menyerupai ular namun berkepala manusia yang berdasar mitos Hindu melambangkan penyangga bumi. Penyatuan lingga dan Yoni sendiri menjadi lambang kesatuan yang tak terpisahkan antara Brahma, Wisnu dan Syiwa.

     Untuk mencapai lokasi ini anda membutuhkan sedikit perjuangan untuk menguji jiwa travelling anda. Lokasi candi yang berada diperbukitan mengharuskan anda melewati jalan aspal yang menanjak berliku dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Tak perlu khawatir karena rasa lelah dan perjalanan panjang yang anda tempuh akan terbayar dengan pemandangan indah di Candi Ijo ini. Sampai sejauh ini, anda tak perlu mengeluarkan dana khusus untuk masuk ke obyek wisata ini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...