Pages

Powered by Blogger.

Candi Gebang

Candi Gebang

      Wisata sejarah candi di Yogyakarta dilengkapi dengan keberadaan Candi Gebang. Candi Gebang terletak sekitar 11 km dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Gebang, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Candi Gebang ditemukan pada tahun 1936 oleh seorang petani yang sedang mencangkul dan tidak sengaja menemukan patung Ganesha. Penemuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan penggalian, rekonstruksi dan pemugaran pada tahun 1937 – 1939 di bawah pimpinan Van Romondt. Candi ini termasuk candi yang relatif kecil karena hanya berukuran 5,25 x 5,25 meter dengan tinggi 7,75 meter.

Koordinat Lokasi Candi Gebang_siparjo.com
Koordinat Lokasi Candi Gebang
      Candi Gebang dibangun sekitar abad ke 8. Candi ini merupakan candi Hindu yang ditandai dengan keberadaan lingga, yoni dan arca Ganesha di dalam kuilnya. Pintu masuk ke tubuh candi terletak di sebelah timur yang diapit oleh relung (tempat arca). Relung utara ditempati arca Nandiswara sedangkan relung selatan masih kosong sampai saat ini. Relung selatan diduga dulunya ditempati arca Mahakala.

      Memang tidak mudah untuk menemukan lokasi Candi ini, karena posisinya sekarang yang berada di antara pemukiman. Namun anda tak perlu khawatir karena tetap ada penunjuk arah atau anda tak perlu 
ragu bertanya karena keramahan masyarakat Yogyakarta akan memandu anda menuju ke lokasi. Enjoy your trip...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...