Pages

Powered by Blogger.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo

      Candi Budha ini terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Sleman atau sekitar 2 km arah barat daya Candi Boko. Candi ini berada di dataran luas di antara areal persawahan yang dikelilingi oleh perbukitan di hampir segala sisinya. Candi yang merupakan peninggalan abad 9 ini ditemukan sekitar tahun 1940. Pemugaran terhadap candi inipun terus dilakukan hingga akhirnya baru dapat terselesaikan pada tahun 1978.

Koordinat Lokasi Candi Banyunibo_siparjo.com
Koordinat Lokasi Candi Banyunibo
      Candi utama Banyunibo berukuran sekitar 14 x 15 meter dengan tinggi 15,25 meter. Selain candi induk anda juga dapat melihat 6 buah candi perwara berjajar di sisi selatan dan timur candi induk. Sayangnya candi-candi perwara itu, kini hanya tinggal berupa alas bebatuan yang belum tertata sempurna. Selain itu, pada sisi utara candi akan dapat melihat dinding batu yang masih membentang kokoh.

     Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Candi Banyunibo adalah banyaknya ornamen-ornamen yang menghiasi dinding candi ini. Pada bagian dinding dalam candi, anda dapat melihat Citra Hariti (Dewi Kesuburan) yang dikelilingi oleh anak-anak dan Vaisravana ( suami Citra Hariti). Pada dinding luar, anda akan melihat arca Boddhisatwa dan beberapa relung yang masih tersisa. Pintu masuk candi ini menghadap seolah ingin turut menyaksikan sang matahari ketika ia akan terbenam. Keunikan lain yang dimiliki candi ini adalah bentuk atap candi yang melengkung mirip dengan kelopak teratai bermahkota stupa. Hampir di semua sisi candi (kecuali sisi barat) terdapat relung-relung menonjol dihias kala-malakara.

      Akan lebih mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau anda harus menggunakan jasa ojek untuk mencapai lokasi Candi Banyunibo. Sampai saat ini anda tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan candi in. Meski kegagahan dan kekondangannya tak seperti candi-candi yang lain, tapi rasanya tak ada salahnya anda memasukkan candi ini dalam daftar tujuan wisata anda di Jogjakarta. Bagi anda pecinta wisata sejarah, candi ini rasanya akan memberikan anda cukup banyak wawasan baru dengan ornamen-ornamen dan reliefnya yang mempesona.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...