Pages

Powered by Blogger.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Lokasi
Museum Gunung Merapi diresmikan pada 1 Oktober 2009 oleh Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Museum ini  terletak di Jalan Boyong, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lokasi lebih jelasnya dapat dilihat pada peta di atas.

siparjo.com_museum gunung merapisiparjo.com_museum gunung merapi

Deskripsi
Museum Gunung Merapi menyajikan berbagai hal terkait dengan fenomena kegunungapian, seperti informasi mengenai tipe-tipe gunungapi, jenis batuan produk vulkanime, sejarah terbentuk gunungapi, sejarah letusan, tipe letusan dari berbagai belahan bumi, foto-foto dampak letusan, dan masih banyak lagi yang dapat dipelajari dari kunjungan tersebut. Setiap informasi dikemas dan disajikan secara interaktif menggunakan media alat peraga, bagan gambar, maket, diorama, dengan tujuan memudahkan pengunjung yang sebagian besar terdiri dari pelajar untuk memahami fenomena kegunungapian yang terdapat di seluruh penjuru dunia, khususnya fenomena Gunung Merapi.

siparjo.com_maket gunung merapisiparjo.com_maket gunung merapi

Apabila pengunjung ingin mengetahui lebih dalam mengenai sisi lain Merapi seperti sosio-culture masyarakat sekitar Merapi, maka pengunjung dapat menuju lantai dua museum untuk melihat pemutaran film dokumenter berdurasi 20 menit. Film tersebut menceritakan banyak hal mengenai aktivitas masyarakat lokal sekitar Merapi seperti tanggap darurat ketika bencana gunung meletus, evakuasi warga, proses rekonstruksi pasca bencana, mitigasi bencana, dan kearifan lokal masyarakat setempat. Hal tersebut diangkat dalam satu film yang menarik untuk disaksikan, dan hanya akan diputar di Museum Gunung Merapi.

siparjo.com_jenis batuan vulkansiparjo.com_diorama museum merapi

Jika semua ruang pertunjukan telah dikunjungi, anda dapat juga mampir ke stan terakhir sebelum pintu keluar yang menjajakan aneka souvenir dengan tema Gunung Merapi. Souvenir yang ditawarkan sangat beraneka macam, mulai dari kaos bertema Merapi, topi, tas, hingga batu hasil erupsi pun dapat ditemui disini. Jadi segera ajak adik atau anak anda untuk bermain dan belajar di geowisata Museum Gunung Merapi.
siparjo.com_dampak erupsi merapisiparjo.com_Souvenir Museum Merapi

Fasilitas
  • Ruang Teater
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Souvenir shop
Biaya & Akomodasi
Museum Gunung Merapi dapat diakses pada ;
    siparjo.com_Papan Informasi Museum Merapi
    • Hari Buka               : Selasa – Minggu
    • Jam Buka               : 08.30 – 15.30
    • Libur                      : Senin
    • Tarif Masuk          : Rp 3.000 / orang
    • Tarif Teater Film : Rp. 5000 / orang

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...