Pages

Powered by Blogger.

Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko

Lokasi
Istana Ratu Boko terletak pada ketinggiah ±250 meter dpal, di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisinya tidak jauh dari Candi Prambanan berada, tepatnya 1 kilometer ke arah selatan Candi Prambanan, di tepi ruas jalan raya Prambanan – Piyungan.

Deskripsi
Candi Boko dapat diakses dari dua pintu gerbang, dimana gerbang pertama terletak tepat di tepi ruas jalan Prambanan Piyungan.  Dari gerbang tersebut pengunjung dapat memarkir kendaraan di bawah kemudian berjalan menaiki anak tangga hingga tiba di atas bukit untuk mencapai objek wisata. Sedangkan opsi kedua, pengunjung dapat membawa kendaraan hingga ke objek wisata melalui rute yang memutar bukit. Setiba di Situs Istana Ratu Boko, maka anda akan melihat berbagai hewan lucu koleksi objek wisata, seperti rusa, kancil, dan beberapa unggas.  Pengunjung pun dapat berfoto atau sekadar memberi makan hewan-hewan koleksi, meskipun sebenarnya hal itu tidak direkomendasikan. Namun keberadaan penjual makanan untuk hewan seolah mempersuasi pengunjung untuk memberi makanan pada hewan-hewan tersebut.

siparjo.com_candi boko
Pelataran Candi Boko
Setelah melewati beberapa koleksi binatang, maka anda akan tiba di pintu gerbang istana. Pintu gerbang tersusun dari kumpulan batu-batu besar khas bangunan candi. Dari tempat tersebut anda dapat melihat bangunan lain dari candi seperti  Candi Batu Putih, Candi Pembakaran, Goa Lanang dan Goa Wadon, Kolam Istana, dan tiga buah stupa. Setiap bangunan tersebut memiliki latar belakang sejarah dan fungsi masing-masing pada jamannya. Beberapa bangunan Candi berfungsi untuk pengremasan mayat dan pembakaran mayat sesuai dengan ajaran salah satu agama, gua-gua yang dibangun juga memiliki tujuan sebagai tempat meditasi. Adapun kolam-kolam besar diperkirakan sebagai tempat mandi oleh orang istana yang mana airnya mengambil dari mata air dari atas bukit. Seperti yang diceritakan beberapa artikel mengenai sejarah Istana Ratu Boko bahwa ;

siparjo.com_istana ratu boko
Kolam Pemandian Situs Ratu Boko
 “Prasasti Abhayagiri Wihara yang berangka tahun 792 M merupakan bukti tertulis yang ditemukan di situs Ratu Baka. Dalam prasasti ini menyebut seorang tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran (746-784 M), serta menyebut suatu kawasan wihara di atas bukit yang dinamakan Abhyagiri Wihara ("wihara di bukit yang bebas dari bahaya"). Rakai Panangkaran mengundurkan diri sebagai Raja karena menginginkan ketenangan rohani dan memusatkan pikiran pada masalah keagamaan, salah satunya dengan mendirikan wihara yang bernama Abhayagiri Wihara pada tahun 792 M. Rakai Panangkaran menganut agama Buddha demikian juga bangunan tersebut disebut Abhayagiri Wihara adalah berlatar belakang agama Buddha, sebagai buktinya adalah adanya Arca Dyani Buddha. Namun demikian ditemukan pula unsur–unsur agama Hindu di situs Ratu Boko Seperti adanya Arca Durga, Ganesha dan Yoni. Tampaknya, kompleks ini kemudian diubah menjadi keraton dilengkapi benteng pertahanan bagi raja bawahan (vassal) yang bernama Rakai Walaing Pu Kumbayoni. Menurut prasasti Siwagrha tempat ini disebut sebagai kubu pertahanan yang terdiri atas tumpukan beratus-ratus batu oleh Balaputra. Bangunan di atas bukit ini dijadikan kubu pertahanan dalam pertempuran perebutan kekuasaan di kemudian hari”.

siparjo.com_situs ratu boko
Pemandangan Lokasi Situs Ratu Boko
Karena Situs Boko merupakan sebuah kompleks istana yang mana pada masa itu perebutan kekuasaan menjadi hal yang sangat dominan, maka situs tersebut dibangun dengan mengadopsi konsep untuk tempat pertahanan. Berikut sedikit kutipannya;

siparjo.com_situs ratu boko
Pemandangan dari atas bukit
“Berbeda dengan peninggalan purbakala lain dari zaman Jawa Kuno yang umumnya berbentuk bangunan keagamaan, situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Berbeda pula dengan keraton lain di Jawa yang umumnya didirikan di daerah yang relatif landai, situs Ratu Boko terletak di atas bukit yang lumayan tinggi. Ini membuat kompleks bangunan ini relatif lebih sulit dibangun dari sudut pengadaan tenaga kerja dan bahan bangunan. Terkecuali tentu apabila bahan bangunan utamanya, yaitu batu, diambil dari wilayah bukit ini sendiri. Ini tentunya mensyaratkan terlatihnya para pekerja di dalam mengolah bukit batu menjadi bongkahan yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Kedudukan di atas bukit ini juga mensyaratkan adanya mata air dan adanya sistem pengaturan air yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kolam pemandian merupakan peninggalan dari sistem pengaturan ini; sisanya merupakan tantangan bagi para arkeolog untuk merekonstruksinya. Posisi di atas bukit juga memberikan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah bagi para penghuninya, selain tentu saja membuat kompleks ini lebih sulit untuk diserang lawan”.

siparjo.com_istana ratu boko
Salah satu sudut Istana Ratu Boko
Demikian eksplorasi mengenai situs Istana Ratu Boko. Mungkin masih banyak artefak atau situs lain yang hingga kini terpendam di dalam bukit yang merupakan rangkaian pegunungan seribu (Thousands of Mountains Range). Apapun itu, tetap tugas kita sebagai sang pewaris untuk menjaga kekayaan cagar budaya Situs Boko.

Fasilitas
Beberapa fasilitas yang telah tersedia di objek wisata antara lain;
  • Jasa Foto
  • Jasa Pemandu (Guide Tour)
  • Restoran
  • Mushola
  •  Toilet
  • Tempat Parkir dan penitipan bawaan
Biaya dan Akomodasi
Biaya retribusi Istana Ratu Boko dikenakan tarif sebesar 25.000 rupiah untuk orang dewasa dan 10.000 rupiah untuk anak-anak. Untuk menjangkau tempat ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti Bus AKAP, dengan pos pemberhentian Pasar Prambanan lalu menaiki angkudes atau ojek 1 km arah selatan Pasar Prambanan. Atau dapat juga dengan moda angkutan Kereta Diesel dengan pos pemberhentian Stasiun Brambanan lalu pindah ke angkudes dengan arah 1 km ke selatan dari stasiun.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...