Pages

Powered by Blogger.

Air Terjun Sri Getuk

Air Terjun Sri Getuk

Lokasi
Air Terjun Sri Getuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya lokasi air terjun dapat dilihat pada peta di atas.

Deskripsi
Di tengah dataran tinggi wonosari yang juga terkenal dengan fenomena karst-nya, terdapat sebuah air terjun indah. Air terjun tersebut bermuara di Sungai Oyo yang alirannya akan berakhir di Samudra Hindia. Untuk mencapai Air Terjun, pengunjung tidak dapat membawa kendaraannya hingga ke tempat tujuan. Karena medan yang dilalui cukup berat untuk ukuran kendaraan bermotor, jadi pengunjung sangat disarankan untuk memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan oleh pengelola.  Setelah itu, pengunjung akan diberi opsi untuk melakukan perjalanan menyusuri rute persawahan dengan jalan kaki, atau dapat pula mengambil rute menyusuri sungai dengan perahu hingga mencapai air terjun. Masing-masing rute menawarkan sensasi yang seru.

Bila mana anda mengambil rute jalan setapak persawahan, maka anda dapat ber olahraga jalan kaki yang mungkin saja sudah mulai jarang dilakukan oleh orang di jaman sekarang. Bahkan jika anda membawa kamera, momen jalan kaki tersebut dapat diselingi kegiatan fotografi yang tentu saja mengasyikan, karena banyak obyek-obyek menarik selama perjalanan. Para fotografer seringkali terlihat sedang mengabadikan aktivitas penduduk lokal seperti petani yang sedang mencangkul, mengusir burung, makan siang di gubug, dan sebagainya. Lain hal jika anda merupakan penggemar foto selfy, maka sudah tidak perlu dijelaskan lagi mengenai hal yang perlu dilakukan ^_^.  Setidaknya kegiatan tersebut dapat menghalau rasa lelah menempuh perjalanan menuju Air Terjun, yang mana apabila ditempuh secara normal akan memakan waktu 20 menit jalan kaki.  

siparjo.com_Air Terjun Sri Getuksiparjo.com_Air Terjun Sri Getuk

Opsi rute lain yakni manggunakan perahu untuk menuju wisata air terjun. Perahu akan diberangkatkan tidak jauh dari tempat parkir dan perlu melawan arus Sungai Oyo untuk mencapai Air Terjun. Arus Sungai memang cukup deras namun cukup aman untuk dilalui. Terlebih pihak pengelola juga senantiasa memperhatikan keselamatan wisatawan, dimana ketika sedang musim penghujan tiba, pengelola tidak akan memberangkatkan perahu jika memang arus sungai dirasa sedang tidak aman untuk perjalanan wisata. Oleh karena itu, saat musim kemarau dimana air sungai sedang tidak keruh dan arusnya sangat bersahabat, angkutan perahu ini selalu menjadi andalan para pengunjung yang menyukai petualangan jalur air. Setiba di Air Terjun Sri Getuk pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar yang sejauh ini masih alami. Airnya pun masih murni dari sumber mata air sekitar, sehingga hati-hati dengan bawaan yang anda miliki seperti bekas minuman atau makanan yang mengandung unsur bahan kimia, jangan sampai mencemari keaslian mata air dari Gunungkidul tersebut. 

siparjo.com_air terjun sri getuk
Jasa Perahu Air Terjun Sri Getuk
 
Fasilitas
  • Pusat Souvenir
  • Tempat Parkir
  • Angkutan Perahu
  • Kedai makan

siparjo.com_sri getuk
Oleh-oleh wisata Sri Getuk
Biaya dan Akomodasi
Biaya perjalanan Wisata Air Terjun Sri Getuk sebesar 7000 rupiah untuk tiket masuk sekaligus tiket penitipan kendaraan, sedangkan bagi pengunjung yang memilih opsi rute sungai dengan perahu akan dikenakan charge 5000 rupiah untuk sekali perjalanan. Bagaimana anda tertarik? segera ajak teman-teman anda berpetualang ke Air Terjun Sri Getuk.

1 comment:

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...