Pages

Powered by Blogger.

Pabrik Gula Madukismo

Pabrik Gula Madukismo

Lokasi 
Di sebelah selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Padokan, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, berdiri sebuah Bangunan Pabrik Gula pendirian Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Bangunan tersebut didirikan di atas puing-puing Pabrik Gula Padokan yang telah lama rata dengan tanah akibat perang di era kolonialisme Belanda. Guna menciptakan lapangan pekerjaan baru yang sifatnya padat karya di era pasca kemerdekaan RI , maka Sri Sultan HB IX mendirikan pabrik gula baru yang bernama Pabrik Gula MADUKISMO.

Deskripsi
Di atas lahan seluas 269.410m2 anda akan menjumpai sebuah bangunan penghasil gula, spirtus, dan alkohol, yang telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Pada Bagian produksi anda dapat menyaksikan lalu lalang truk pengangkut tebu yang datang dari berbagai daerah dan kereta lori yang digunakan untuk mengumpan tebu-tebu tersebut untuk diolah masuk ke mesin penggilingan yang terletak di dalam pabrik. Masa penggilingan tebu sendiri beroperasi pada musim-musim tertentu, yakni  antara bulan Mei-September dimana musim panen tanaman tebu berlangsung. Biasanya ketika menjelang musim giling tebu akan diawali dengan tradisi cembengan. Tradisi  tersebut diisi dengan ritual doa, persembahan sesaji, pagelaran wayang kulit,dan pasar malam. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa ritual tersebut akan membawa kebaikan selama musim giling berlangsung.

Jika anda berjalan ke arah barat dari bagian produksi maka anda akan tiba di bagian penyulingan dimana sari tebu diolah lebih lanjut menjadi cairan spirtus dan alkohol. Pada hari-hari biasa bagian produksi alkohol dan spirtus sering dijadikan destinasi kunjungan studi (study tour) oleh siswa SMA atau mahasiswa berbagai jurusan dari berbagai daerah.  Berjalan ke sebelah baratnya lagi maka anda akan tiba di kompleks Madu Chandya. Di kompleks tersebut terdapat monumen lokomotif tua (lokomotif uap) yang digunakan untuk menarik gerbong lori, mesin giling tua buatan Jerman, dan masih banyak alat peraga dalam proses pengolahan gula. Jika anda lelah berjalan kaki, anda dapat mengunjungi beberapa kompleks tersebut dengan memanfaatkan jasa kereta tour yang telah disediakan pihak Pabrik Gula Madukismo. Anda tinggal menyewa paket tour yang dikehendaki untuk mengeliliingi kompleks dalam pabrik. Sebenarnya dahulu paket perjalanan kereta wisata pabrik gula menjangkau kawasan luar pabrik bahkan hingga mencapai Kawasan Industri Gerabah Kasongan. Namun kini trayek jalur masih dalam perbaikan akibat peristiwa gempabumi yang mengguncang Yogyakarta di tahun 2006 silam.

Fasilitas
Fasilitas yang tersedia di PG. Madukismo antara lain;
  • Penjelasan proses produksi secara audion visual
  • Museum Pabrik Gula Madukismo
  • Kereta Tour
Biaya dan Akomodasi
Untuk menjangkau kawasan PG. Madukismo cukup mudah, karena lokasi pabrik tidak jauh dari akses jalan arteri Yogyakarta (Ringroad Selatan Yogyakarta).  Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi PG. Madukismo...


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...