Pages

Powered by Blogger.

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Lokasi
Berjalan sejauh 10 kilometer ke arah barat daya Kota Wates anda akan menemukan pantai dengan sebuah laguna di belakangnya. Pada dasarnya laguna tersebut terbentuk sebagai aktifitas angin yang menggiring gumuk pasir ke dalam elevasi yang lebih tinggi sehingga pada muara sungai terjadi pembelokan arah aliran air sungai menuju samping menjadi sejajar garis pantai. Oleh masyarakat setempat fenomena tersebut dimanfaatkan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Glagah.

Deskripsi

Tak jauh dari Jalan Raya Daendels, di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo anda akan menemukan sebuah pantai di muara Sungai Serang. Pantai tersebut secara situs terletak dalam satu garis lurus terhadap pantai congot, pantai pandansimo, pantai kuwaru, pantai samas, pantai depok, dan pantai parangtritis. Oleh karena itu, kondisi geografis Pantai Glagah sangat mirip dengan pantai-pantai tersebut. Karakter gumuk pasir (sand dunes) dengan tumbuhan khasnya merupakan fenomena yang jarang ditemui, karena hanya dimiliki oleh dua tempat di dunia, dan di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satunya. Setiba di Pantai, anda akan disambut oleh pohon-pohon peneduh yang tertanam di tepian laguna. Di bawahnya berjajar pedagang kelapa muda yang senantiasa menawarkan dagangannya kepada wisatawan.

siparjo.com_pantai glagah
Jalan Menuju Pantai Glagah

Beberapa kapal nampak bersandar di tepian laguna dan menunggu untuk disewa. Jika anda minat, maka anda akan diantar untuk mengelilingi laguna dari ujung barat hingga ujung timur. Di ujung timur anda dapat melihat souvenir yang dijual oleh masyarakat sekitar mulai dari kerajinan tangan, pakaian, kalomang yang telah dihias, serta terdapat kolam renang untuk bermain anak kecil. Sedangkan di sisi barat anda akan menjumpai petani keramba, pemancing ikan, dan tumbuhan air yang mungkin sengaja dibudidayakan oleh penduduk. Setelah puas, anda dapat kembali ke tempat awal atau melanjutkan perjalanan ke seberang laguna untuk melihat keindahan pantai. Di tepi pantai pengunjung tidak disarankan untuk berenang atau sekadar bermain sekalipun, karena ombak cukup berbahaya bagi yang belum terbiasa. Bahkan pemerintah sempat membangun bangunan pemecah gelombang agar ombak yang besar tidak terus menerus menggerus kawasan daratan sehingga dapat mencegah abrasi pantai.

siparjo.com_pantai glagahsiparjo.com_laguna glagah


Fasilitas
Pantai Glagah tergolong memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya;
  • Kamar Mandi/toilet
  • Mushola
  • Warung makan/minum
  • Tempat bermain anak
  • Toko souvenir
  • Persewaan Tikar
  • Persewaan perahu

Biaya & Akomodasi
TPR Pantai Glagah sebesar 10.000 rupiah per orang, dan tarif tersebut belum termasuk biaya parkir dan fasilitas lain seperti kamar mandi atau toilet. Untuk sewa perahu pengunjung perlu merogoh kocek sebesar 50.000 rupiah untuk dua kali putaran, namun tarif dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti fluktuasi harga bahan bakar dan faktor lain. Sedangkan untuk kolam bermain anak harga perjam mulai 3.000-5.000 rupiah.
Akomodasi menuju Obyek Wisata Pantai Glagah cukup mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi, karena letaknya sangat strategis yakni di tepi jalan raya daendels yang menghubungkan Yogyakarta – Cilacap dan jalan utama Wates – Purworejo. Kondisi jalan juga terbilang baik, datar dan tidak berkelok-kelok. Tunggu apa lagi, have a nice vacation!!..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...