Pages

Powered by Blogger.

Gunungapi Purba Nglanggeran

Gunungapi Purba Nglanggeran

Lokasi
Di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sebuah Gunung Purba. Gunung tersebut terletak di dalam Formasi Nglanggeran yang terbentuk pada masa Oligomiosen dan telah berhenti beraktivitas pada 18 juta tahun silam. Kini gunung tersebut menjelma menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Gunungapi Purba Nglanggeran
Gunungapi Purba Nglanggeran
Deskripsi
Setelah melalui tanjakan Bukit Bintang Piyungan yang memacu adrenanin, pengunjung akan sampai di tempat tujuan. Disana anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Batu-batu besar yang tersusun secara alami dan diselimuti semak memberikan kesan kontras dengan lingkungan sekitarnya yang sebagian besar masih berupa sawah. Seusai menitipkan kendaraan pada petugas parkir, petualangan pertama dimulai dengan memanjat sebuah batu besar. Untuk melalui batu tersebut telah disediakan tali tambang dari pihak pengelola agar memudahkan para pengunjung. Tampaknya pendakian tersebut bermuara pada sebuah tempat dimana anda dapat memandang sisi barat laut Gunung Nglanggeran. Di sana pengunjung dapat beristirahat sembari mengambil dokumentasi, karena pemandangan yang disajikkan cukup indah. Tidak jauh dari situ terdapat pos pertama pendakian. Dari pos tersebut sebaiknya pengunjung mulai mempersiapkan diri seperti mengencangkan tali sepatu, menyiapkan bekal minuman, lotion anti nyamuk dan topi, karena medan yang akan ditempuh akan melewati hutan dengan kanopi yang lumayan lebat.
Puncak Gunungapi Nglanggeran
Puncak Gunungapi Nglanggeran
Pengunjung diharapkan memperhatikan papan petunjuk arah yang telah dibuat pengelola untuk menghindari salah arah maupun tersesat. Pasalnya apabila hal tersebut sampai terjadi, pertolongan akan susah dilakukan mengingat di daerah dengan ketinggian 700 meter tersebut tidak terjangkau dengan sinyal ponsel. Namun tidak perlu khawatir berlebih, akan ada petugas patroli yang selalu siaga. Dan juga ada masyarakat setempat yang seringkali mencari rumput di kawasan tersebut. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari waktu keberangkatan kita akan tiba di puncak tertinggi yakni Gunung Gede. Puncak tersebut sangat sempurna jika dipakai untuk melihat Sunrise di pagi hari. Secara garis besar Wisata Gunungapi Nglanggeran sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang gemar dengan petualangan, fotografi, maupun pecinta ilmu sains khususnya dalam bidang geologi/geomorfologi, karena Nglanggeran tidak hanya menjual keindahan alamnya, tetapi juga sejarah situs tempat terbentuknya.

Lokasi Gunungapi Purba Nglanggeran
Lokasi Gunungapi Purba Nglanggeran
Fasilitas
Sebagai obyek wisata yang dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat, khususnya Karang Taruna Desa Nglanggeran, fasilitas yang dibangun sudah cukup memadai diantaranya kamar kecil, mushola, warung makan, tempat parkir. Bagi sebagian pengunjung yang sedang tidak berniat untuk naik ke puncak juga disediakan alternatif wisata embung yang dapat ditempuh 5 menit dari lokasi menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Pemandangannya juga tidak kalah menarik.

Biaya & akomodasi
Berdasarkan hasil survey terakhir tahun 2013, retribusi untuk memasuki kawasan wisata cukup terjangkau yakni berkisar 3.000 – 5.000 rupiah. Ongkos parkir dan toilet belum termasuk. Jadi tunggu apa lagi, sejuta petualangan ada di depan mata, bagaimana dengan anda??..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...