Pages

Powered by Blogger.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Lokasi
Di Desa Jepitu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, terdapat sebuah wisata pantai yang belum banyak orang kunjungi. Berdasarkan hasil pengamatan pribadi, sebagian besar pubik belum mengetahui obyek wisata pantai tersebut, karena memang belum banyak diekspose oleh media. Faktor lain yang menjadi penyebab adalah aksesnya yang tergolong jauh, yakni terletak 40 km sebelah tenggara pusat Kota Wonosari. Padahal jika dilihat dari prasarana jalan raya menuju obyek wisata tersebut sudah terbangun dengan baik. Semoga tulisan ala kadarnya ini mampu menambah sedikit informasi kepariwisataan di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya mengenai Pantai WediOmbo. Lokasi Pantai Wediombo dapat dilihat pada peta di atas.


Berpose di antara batuan breksi & lava bantal, bekas letusan gunungapi purba
Berpose di antara batuan breksi & lava bantal, bekas letusan gunungapi purba
Deskripsi
Pantai WediOmbo terletak di sebelah barat Pantai JungWok. Karakter kedua pantai juga bisa dibilang hampir sama. Morfologi yang berbukit-bukit dan dilapisi dengan tanah karst (tanah kapur) akan menghiasi sepanjang perjalanan menuju Pantai WediOmbo. Pemandangan perbukitan karst yang dimanfaatkan penduduk sekitar sebagai ladang untuk bercocok tanam pada bagian lerengnya mengesankan bahwa kita seolah sedang di daerah pegunungan. Namun kita akan takjub saat menengok ke arah punggung lereng, dimana susunan batu karang berjajar seakan menyambut kedatangan kita dengan sajian suara deburan ombak sebagai musik pengiringnya. Sungguh merupakan pantai yang menawan, dan membuat para pengunjung enggan untuk pulang.


siparjo.com_pantai wediombo
Vegetasi yang tumbuh di tepi pantai

Sesaat tiba di Pantai Wediombo setelah menuruni puluhan anak tangga kita akan menginjak gugusan pasir putih yang menyilaukan mata jika terkena pantulan sinar matahari. Cakrawala terlihat cantik dipandang dari bibir pantai. Sesekali jika berjalan ke arah barat pantai kita akan bertemu dengan petani rumput laut yang sedang menjemur hasil panen di atas batu karang. Sinar matahari yang begitu terik adalah sahabat bagi para petani, karena kondisi tersebut sangat meringankan pekerjaan mereka. Begitu pula bagi para pencari peruntungan di sela-sela batu karang seperti para pemancing, bahkan anak-anak yang sekadar mencari ikan atau udang kecil. Cuaca yang cerah di siang hari biasanya disertai dengan kondisi muka air laut yang surut karena pengaruh gravitasi bulan yang kecil akan memudahkan pencari biota laut untuk mendapatkan target yang sedang terjebak akibat surutnya air. Bahkan kita juga dapat berjalan menyusuri indahnya batuan karang sejauh ± 100 meter dari bibir pantai sembari melihat keanekaragaman bawah air.

Batuan karang yang tampak akibat surutnya air laut
Batuan karang yang tampak akibat surutnya air laut
Beberapa hewan laut yang sering dijumpai diantaranya; ikan laut, lobster, kepiting, gurita, kalomang, belut laut, ubur-ubur, cumi-cumi, landak laut, teripang, dan masih banyak lagi. Semua tampak seperti sebuah akuarium hias yang besar dan kita sedang berada tepat di tengahnya, Sungguh indah kawan. Tetapi yang perlu diingat, wisatawan yang bijak adalah wisatawan yang menjaga kelestarian ekosistem setempat. Membuang sampah atau mengambil terumbu karang adalah perbuatan melanggar peraturan. Membiarkan alam mencari keseimbangannya merupakan wujud perhatian terbaik dari manusia.

siparjo.com_Pantai Wediombo
Batuan beku sekitar pantai merupakan bekas letusan purba Gunung Batur


Fasilitas
Pantai Wediombo sudah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan para wisatawan, diantaranya; tempat parkir yang memadai bagi roda dua maupun roda empat, warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman, tempat ibadah, MCK, serta Pos keamanan & SAR. Fasilitas penginapan seperti wisma atau hotel belum tersedia di pantai ini, sehingga bagi wisatawan yang ingin bermalam dianjurkan untuk membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan sleeping bag dengan ijin kepada pengurus setempat sebelumnya.

Biaya dan akomodasi
Bagi wisatawan maupun para backpacker wajib untuk mengelola keuangan sebaik mungkin, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat bepergian. Pantai Wediombo dapat dijadikan destinasi wisata yang tepat dengan tarif masuk tempat wisata yang tidak mahal yakni sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan roda 2. Ongkos tersebut belum termasuk biaya parkir. Tarif tersebut merupakan hasil survey akhir tahun 2013.

Akhir kata, Pantai Wediombo menyajikan keindahan alam khas Gunung Kidul lengkap dengan kekayaan biota lautnya. Jadi tunggu apa lagi, …


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...