Pages

Powered by Blogger.

Pantai JungWok

Pantai Wediombo

Lokasi
Ketika kami menyusuri jalanan berliku di wilayah timur Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, terlihat sebuah jalan setapak di percabangan jalan menuju Pantai Wediombo. Percabangan tersebut tidak mengesankan sebuah jalan menuju sebuah pantai yang indah, asri, dan memiliki pesona eksotis karena akses jalannya sangat terjal, berliku, dan tentunya belum beraspal. Rambu petunjuk arah pun sangat minim, kami pun hanya mengandalkan instruksi dari penduduk sekitar yang kebetulan sedang menggarap lahan pertanian di daerah tersebut untuk bisa mencapai Pantai Jungwok. Lokasi Pantai Jungwok secara spasial dapat dilihat pada peta di atas.

Deskripsi
siparjo.com_pantai jungwok
Karang Pantai Jungwok

Setelah melalui kelokan dan turunan curam sepanjang ± 1 Km dari parkiran Pantai Wediombo, kami pun tiba di tempat tujuan. Kesan pertama ketika mendaratkan kaki di Pantai Jungwok adalah suasana yang sunyi, tenang, damai, dan jauh dari peradaban manusia. Betapa tidak, pantai tersebut tampak seolah tidak mendapat sentuhan pembangunan maupun pengelolaan baik dari pemerintah maupun masyarakat sekitar. Namun dibalik nuansa itu, tersimpan sebuah panorama yang menakjubkan. Kami pun sempat terdiam beberapa detik sesaat setelah menyandarkan kendaraan kami pada sebuah pohon besar yang rindang dan teduh, dan menyaksikan pemandangan yang aduhai. Rasa lelah, panas, lapar, dan haus seketika hilang begitu saja saat menatap hamparan pasir putih di depan mata, sebongkah batu karang menyerupai pulau, dan deburan ombak yang bersahutan. Sesekali tampak orang-orang yang berjalan menyusuri tepian karang sekadar mencari rumah kalomang untuk souvenir atau memancing ikan diantara sela-sela batu karang. Kami pun senang, itu artinya kita tidak sendirian.

siparjo.com_pantai jungwok
Suasana Pantai Jungwok
Fasilitas
Jika ingin berlama-lama di Pantai Jungwok, sebaiknya kita menyiapkan perbekalan pribadi seperti makanan & minuman, peralatan ibadah, dome atau tenda jika perlu. Pasalnya, fasilitas di pantai tergolong minim. Jangankan warung makan, untuk memarkirkan kendaraan kita mengalami kesulitan. Para pelancong juga jangan lupa untuk mengecek bahan bakar kendaraan karena untuk menuju pengisian bensin terdekat sangat jauh. Tidak ada salahnya memanfaatkan jasa pengisian bahan bakar eceran jika memungkinkan bagi kendaraannya.

Biaya dan akomodasi
TPR Pantai Jungwok terintegrasi dengan Pantai Wediombo, jadi satu karcis bisa digunakan untuk mengunjung dua pantai sekaligus. Tarif yang dikenakan juga cukup murah, yakni sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar menggunakan tata bahasa yang sopan

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...